Konesi internet lambat?

internet-lemot
“Duuuh. Ini koneksi lambat amat yak? Udah diketik, munculnya baru 3-5 detik kemudian…”

Saya sedang remote ke PC kantor, karena harus mematikan bbrp server. Tapi, koneksi malam ini berasa lemot banget. Jauh berbeda, dibandingkan kemarin ketika saya mengerjakan hal yang sama.

Apa karena pengaruh hujan ya?” Cibinong diguyur hujan cukup deras.

“Apaan?” terdengar suara istri saya. Saya menengok. Istri saya terlihat pulas. Meringkuk di bawah selimut tebal.

“Iya. Ini tumben. Koneksi internet lelet banget. Masak gara2 hujan?” Saya menatap monitor. Tombol shutdown sudah saya klik, tapi masih belum ada respon. Hmmm…

“Bisa jadi.” Suara istri saya. Masih kelihatan tidur. Matanya terpejam. Saya menyusul ke tempat tidur. Ikutan masuk ke dalam selimut. Saya memeluk istri dari belakang. Berbisik di telinganya.

“Apanya yang bisa jadi?” Istri saya menggeliat halus. Menarik tangan saya untuk memeluknya. Saya perhatikan matanya masih terpejam rapat.

“Bisa jadi karena hujan. Becek di mana-mana. Internetnya jadinya pelan. Licin. Mungkin dia takut terpeleset.”

Saya ngakak sejadi-jadinya. Internet berjalan pelan-pelan karena habis hujan? Wkakakakaka …

Istri saya doyan becanda. Tapi kali ini becandanya kelewat cerdas. Nyindirnya pas banget.

Pasti karena saya masih berkutat ngerjain kerjaan kantor dari komputer di kamar. Perjanjiannya – untuk kerjaan kantor, saya harus menggunakan PC yang di luar. PC di kamar hanya untuk bersenang-senang. Buka FB, nonton film, main game atau streaming nonton siaran tv.

Mendengar saya tertawa terpingkal-pingkal, istri saya berbalik. Kali ini matanya sudah tidak tertutup lagi. “Udah malam tau. Kali aja internetnya sudah lelah. Jalannya jadi pelan.”

Ya. Saya tanggap. Saya juga pasti sudah lelah. Lupakan komputer yang masih menyala. Semoga klik terakhir di tombol shutdown tadi, berhasil mematikan server terakhir dalam daftar.

Saya matikan lampu.
Membiarkan komputer tetap menyala.
Dan masih terpikir.
Koneksi internet jadi lambat, karena jalanan habis hujan.
Licin.

Bisa jadi!

Tinggalkan Balasan

