Tiga puluh ya?

photo hanya illustrasi saja
photo hanya illustrasi saja

Saya tidak tahu apa yang terjadi dengan hari Minggu ini. Setelah lepas dari gerombolan polisi itu, hambatan saya menuju kantor di hari libur ini belum usai.

Sesampai di sta. Manggarai, ternyata bajaj yang biasanya mau mengantar saya sampai ke kantor dengan ongkos 15 rb, kali ini bersikukuh minta 20 rb. Remaja tanggung yang dari tadi mepet ke bajaj ketika saya menawar, memberitahu bahwa semua bajaj naik. Karena di manggarai lagi ada tawuran.

Ya sudah. Saya memutuskan untuk jalan kaki saja. Toh sepanjang perjalanan pasti ramai. Jadi saya langsung berjalan kaki mengarah ke jalan tambak.

Tapi gagal.

Kerumunan orang bisa ja saya tembus. Tapi saya tak cukup nyali ketika mendengar beberapa kali ledakan di ujung jalan. Bukan hanya sekali. Selama saya di situ tidak sampai 10 menit, sudah saya dengar 3 kali ledakan.

Saya berbalik lagi setelah menyempatkan mengambil beberapa photo. Ketika mau lihat hasil photonya, camera saya shutdown. Kehabisan batterai.

Langsung menuju ke tempat mangkal bajaj. 20 ribu dah terpaksa.

Dugaan saya salah. # bajaj yang saya hampiri minta 30 ribu. Saya tawar 25 rb gak ngasih. Bener-bener memanfaatkan kesempatan orang gak punya pilihan nih. Sialan.

Jadi ketika bajaj berikutnya maju, saya nanya dengan tegas.

“Bang. ke kalasan berapa?”.

Saya lihat abang bajajnya agak mikir. Takut dia bingung lokasi Kalasan itu dinama, saya perjelas.

“Sebelah MUI. Deket THT bang.”

Tuh kan bener. Abang bajajnya langsung tercerahkan.

“Dua puluh lima ribu pak.”

Saya langsung nawar dengan suara keras.

“TIGA PULUH YA?”

“Wah gak bisa.” Abang bajaj menyahut cepat. “Harus muter lewat matraman pak. Jauh.”

Hadooooh !!!!

Saya masuk ke bajajnya sambil menahan tawa. Rupanya belum biasa ada orang yang nawar di atas harga yang ditawarkan.

Tinggalkan Balasan

