Punya pacar – dan pakai jilbab ….

Nikmat mana lagi yang kau dustakan?

Aku lupa, di mana pernah mendengar kalimat itu. Dan entah kenapa, tiba-tiba saja kalimat itu terngiang begitu saja, karena suatu kejadian. Dan ini  bukan tentang mendapatkan pacar baru berjilbab. Ini hanya sekedar catatan di penghujung bulan puasa kemarin.

Seorang sahabat yang bahkan menganggapku ayahnya, meminta tolong untuk mencarikan download cara-cara menggunakan jilbab dari youtube.  Sambil lalu, aku bertanya – buat siapa? Buat aku pak, jawabnya …

Aku tersentak. Bukan karena aku tidak percaya bahwa – sahabat yang seringkali kupanggil dengan ndhuk ini – akan menggunakan jilbab. Hanya saja aku tidak menyangka bahwa dia akan mulai menggunakan saat ini. Melihatku kaget, dia menambahkan. Bukan sekarang sih pak, mungkin nanti setelah lebaran …

Beberapa tahun yang lalu, seorang sahabat yang lain juga pernah curhat, bahwa dia sering diminta suaminya untuk menggunakan jilbab, tapi belum bisa mengabulkannya. Alasannya? Saya belum mau menggunakan jilbab jika hanya sekedar yang terlihat saja. Saya pengen hati saya juga ikut berjilbab. Dan saat ini saya  merasa belum siap. Sekarang dia sudah  menggunakan jilbab, beberapa bulan setelah curhat. Saat dia memutuskan menggunakan jilbab, pastilah hatinya juga sudah ikut siap.

Sampai sekarang aku belum melihat sahabatku itu memakai jilbab – kecuali beberapa photo yang dia tunjukkan – latihan setelah melihat beberapa file youtube yang aku kasih. Hanya saja, ada satu hal lain yang aku ingat ketika dia menceritakan bahwa dia akan berjilbab, bahwa dia sekarang juga sudah mempunyai pacar lagi. Bahkan pacarnya sudah diajak menemui kedua orang tuanya.

Saat itulah, aku teringat kalimat itu.

Nikmat nama lagi yang kau dustakan? 

Gambar diambil dari :  http://www.gettyimages.com

2 thoughts on “Punya pacar – dan pakai jilbab ….”

Tinggalkan Balasan

