Harus mulai menjaga kesehatan

Sepanjang tahun ini, saya sering banget sakit. Tekanan darah drop – 90/60. Kepala bagian belakang terasa berat dan sakit. Sering merasa capek banget. Terkadang ngantuk gak jelas. Walaupun sering juga merasa susah tidur. Kayaknya faktor U memang tidak bisa dihindari. Saya sudah tidak muda lagi. Walaupun juga belum memasuki kategori umur yang ‘tua banget’.

Beberapa teman menyarankan saya untuk melakukan pemeriksaan. Istri saya tidak kurang bawel memaksa saya pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatan. Toh sebagian biaya ditanggung kantor. Tapi masalahnya bukan itu. Saya takut jarum suntik!

Sekali waktu – pernah saya harus dirawat di RS. Bagian paling mengerikan adalah ketika susternya memasang jarum infus. sampai-sampai susternya meminta saya tidak usah tegang. Dan tidak usah takut. Yang dipakai jarumnya kecil banget kok pak ~ katanya sambil menunjukkan jarum kecil yang bersayap gitu. Duh .. bukannya makin menenteramkan, tapi malah membuat saya semakin gemeteran gak karuan. Dan tanpa bisa saya cegah, keringat dingin langsung membahasahi baju saya.

Walhasil, saking takutnya saya dicoblos ulang dengan jarum infus itu, sepanjang perawatan, saya sangat berhati-hati melakukan gerakan apapun. Mencegah supaya tangan saya yang diinfus tidak bengkak, yang berarti mengharuskan saya ditusuk pakai jarum infus lagi.

Kembali ke masalah sakit saya tadi. Saya yakin, bahwa sebenarnya tubuh saya sudah memberikan alarm alami mengenai kondisi kesehatan saya. Itu berarti saya harus mulai melakukan tindakan-tindakan untuk merespon alarm tersebut. Setidaknya ~ yang paling standar aja ~ harus mulai berolahrada dan juga mulai mengatur pola makan saya.

Semoga saja bisa. Toh yang dijaga kesehatan saya sendiri.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s